7 Jenis, Model & Desain Ranjang Kamar Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on : 19 Mar 2018 | Author by Muhammad Roghibin | No Comments | Category : Blog
7 Jenis, Model & Desain Ranjang Kamar Yang Perlu Anda Ketahui

Ranjang kamar tidur sangat menentukan kenyamanan beristirahat dan tidur anda setiap hari, sehingga jenis ranjang tempat tidur merupakan furniture utama di dalam rumah kita. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan dalam memilih jenis ranjang apa yang sesuai dengan konsep desain rumah anda memperolah kenyamanan ketika tidur.

Namun sangat di sayangkan sebagian kita kesulitan untuk menyebutkan jenis-jenis, model bahkan desain ranjang kamar tidur saat telah berada di sebuah toko furniture jepara. Agar memudahkan pencarian anda sebuah ranjang kamar yang tepat, kami akan memberitahu anda dengan daftar jenis, model dan desain ranjang kamar tidur. Semoga bisa membantumu untuk mencari model yang tepat sesuai dengan ruang kamar-mu.

7 Jenis Desain Ranjang Tempat Tidur Yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut kami memberikan informasi dan edukasi sedikit tetang jenis dan model tempat tidur. Dengan informasi ini, kamu bisa jadikan sebagai refrensi sebelum membeli kebutuhan yang cocok untuk ruang kamar tidur anda.

1. Ranjang Kamar Tidur Kanopi

Dalam bahasa inggris popular dengan sebutan Canopy Beds. Ranjang kamar ini mempunyai kanopi atau tudung diatasnya yang disangga oleh 4 tiang dengan tinggi minimal 1,5 meter dari atas kasur.

Ciri ranjang kanopi biasanya dari bahan kayu maupun besi yang penuh dengan ukiran dan hiasan, baik di sandaran kepalanya maupun sandaran kakinya dan 4 tiangnya.

Jual Dipan Chippendale Canopy Kayu Jati
Dipan Chippendale Canopy Kayu Jati

Desain ranjang dengan model canopy ini masih popular di Indonesia pada tahun 80-an. Namun saat sekarang ranjang canopy hanya orang-orang tertentu yang menyukainya, karena ukuran yang cukup besar.

2. Ranjang Tempat Tidur Empat Tiang

Dalam bahasa inggris sangat popular di sebut dengan Four Poster Beds. Ranjang 4 tiang ini hampir mirim dengan atasnya atau ranjang kamar tidur kanopi. Hanya saja ranjang ini tidak mempunyai kanopi dan hanya ada 4 tiang.

Biasanya 4 tiang yang ada pada ranjang dengan model ini terbuat dari bahan kayu yang berkualitas tinggi. Agar ranjangnya kuat dan awet, seperti kayu jati dan kayu mahoni.

Desain Ranjang Kamar Tidur Model Poster

Ranjang dengan desain ini berkembang pada abad ke 16 silam, sangat cocok untuk tempat tidur yang klasik mewah dan elegant.
Desain ranjang dipan ini sangat cocok untuk anda yang ingin nuansa romantic klasik, ranjang kamar empat tiang pilihan tepat untuk set kamar tidur pengantin baru.

3. Ranjang Dipan Panggung

Bahasa inggrisnya disebut dengan Platform Beds sedangkan dalam istilah kita sering disebut ranjang kabin. Ranjang minimalis ini mempunyai tampilan yang simple, sederhana, bersih dan apa adanya.

Kerangka Tempat Tidur Panggung Minimalis

Ranjang jenis ini memiliki rangka panggung sederhana dengan bentuk kotak terbuat dari papan kayu sebagai penyangganya.Ranjang panggung tersebut sangat populer dan banyak dipakai saat ini. Sangat cocok untuk anda yang menyukai kamar tidur minimalis modern.

Produk Mebel Kamar Tidur Yang Mungkin Kamu Butuhkan

4. Ranjang Kamar Tidur Sorong Susun

Dalam bahasa inggris disebut dengan Trundle Beds. Ranjang trundle bed terdiri dari 2 ranjang bersusun pada atasnya dan bawahnya, dimana ranjang bawah lebih kecil dari ranjang yang atas agar dapat di sorong masuk ke kolom seperti laci.

Ranjang Bed Minimalis Sorong Double

Ranjang sorong ini dibuat untuk menghemat ruang kamar, cocok untuk tempat tidur terbatas tapi memerlukan ranjang yang banyak yang kapanpun dapat di tarik untuk keluar ketika dibutuhkan.

5. Ranjang Tempat Tidur Bingkai

Ranjang yang dalam bahasa inggris disebut dengan pannel beds ini biasanya terbuat dari kayu. Hampir serupa dengan ranjang panggung, bedanya ranjang bingkai tersebut mempunyai 4 papan yang membingkai kasur di empat sisinya.

Ranjang Kamar Tidur Model Bingkai

Ranjang panel biasanya memiliki tinggi yang lebih dari pada ranjang panggung atau platform beds. Headboard atau sandaran kepala dihiasi dengan hiasan ukiran, kain, dan juga memiliki panel yang membingkai.

Biasanya dilengkapi dengan footboard yang lebih rendah daripada headbordsnya. Ornamen serta ranjang bingkai lebih sederhana dibandingkan dengan ranjang empat tiang atau dipan canopy. Ranjang dengan model panel ini masih cocok dipakai pada kamar tidur saat ini.

6. Ranjang Kamar Tidur Kereta Luncur

Ranjang kereta luncur ini disebut juga dengan Sleigh Beds. Mempunyai desain bergaya romawi dan yunani kuno. Ranjang ini diperkanalkan oleh kerjaan perancis di amerika pada abad ke-19.

Dipan Tempat Tidur Model Kereta Luncur

Mempunyai ciri pada headboards dan footboard berbentuk melengkung  arah alur, sehingga mirip sleigh atau kereta luncur salju. Ciri lainnya biasanya sandaran kepalanya berbahan kulit, bahan rangkanya daru bahan kayu berat. Desain melengkung manis dan melengkung ramping ranjang model ini cukup berani untuk saat ini. Oleh sebab itu, ranjang jenis keteta luncur ini sesuai untuk anda yang berani tampil beda.

7. Ranjang Kamar Dinding

Istilah lainnya disebut dengan Wall Beds, artinya bahwa ranjang ini bisa di lipat ke dinding masuk dalam kabinet atau lemarinya.

Istilah lain dari dipan ini adalah ranjang murphy, nama ranjang yang diambil dari William Lawrence Murphy yaitu seseorang yang telah mematenkan ranjang jenis ini.

Ranjang dinding ini tidak mempunyai pondasi pegas, kasurnya diikat pada ranka kayu, jaring kawat atau besi agar tidak lepas ketika diangkat dan dilipat ke arah dinding.

Tentukan dan Pesan Jenis Kamar Tidur Anda

Dari beberapa jenis ranjang yang kita ketahui diatas memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat tidur. Namun mempunyai keunggulan berbeda-beda dari segi efisiensi tempat, nilai artnya dan kepuasan memilikinya.

Anda bisa memilih jenis dan model yang anda inginkan disesuaikan tempat ruang kamar anda, sehingga tidak terjadi kesalahan ketika mengisi kamar tidur.

Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan jenis furniture jepara berupa set kamar tidur yang anda butuhkan. Jepara Indah Furniture adalah partner terbaik dalam pembuatan kamar tidur dari berbagai jenis dan model.