Posted on

7 Jenis, Model & Desain Ranjang Kamar Yang Perlu Anda Ketahui

Desain Ranjang Kamar Tidur Minimalis

Ranjang kamar tidur sangat menentukan kenyamanan beristirahat dan tidur anda setiap hari, sehingga ranjang tempat tidur merupakan furniture utama di dalam rumah kita. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan dalam memilih jenis ranjang apa yang sesuai dengan konsep desain rumah anda memperolah kenyamanan ketika tidur. Namun sangat disyangkan sebagian kita kesulitan untuk menyebutkan jenis-jenis, model bahkan desain ranjang kamar tidur saat telah berada di sebuah toko furniture. Agar memudahkan pencarian anda sebuah ranjang kamar yang tepat, kami akan memberitahu anda dengan daftar jenis, model dan desain ranjang kamar tidur.

Berikut 7 Jenis Ranjang Tidur Yang Perlu Diketahui

  1. Ranjang Kamar Tidur Kanopi
    Dalam bahasa inggris popular dengan sebutan Canopy Beds. Ranjang kamar ini mempunyai kanopi atau tudung diatasnya yang disangga oleh 4 tiang dengan tinggi minimal 1,5 meter dari atas kasur.
    Jual Dipan Chippendale Canopy Kayu Jati
    Ciri ranjang kanopi biasanya dari bahan kayu maupun besi yang penuh dengan ukiran dan hiasan, baik di sandaran kepalanya maupun sandaran kakinya dan 4 tiangnya.
    Desain ranjang dengan model canopy ini masih popular di Indonesia pada tahun 80-an. Namun saat sekarang ranjang canopy hanya orang-orang tertentu yang menyukainya, karena ukuran yang cukup besar.
  2. Ranjang Tempat Tidur Empat Tiang
    Dalam bahasa inggris sangat popular di sebut dengan Four Poster Beds. Ranjang 4 tiang ini hampir mirim dengan atasnya atau ranjang kamar tidur kanopi. Hanya saja ranjang ini tidak mempunyai kanopi dan hanya ada 4 tiang.
    Jual Dipan Chateau 4 Tiang Klasik
    Biasanya 4 tiang yang ada pada ranjang dengan model ini terbuat dari bahan kayu yang berkualitas tinggi. Agar ranjangnya kuat dan awet, seperti kayu jati, kayu oak dan lainnya.
    Ranjang dengan desain ini berkembang pada abad ke 16 silam, sangat cocok untuk tempat tidur yang klasik mewah dan elegant.
    Desain ranjang dipan ini sangat cocok untuk anda yang ingin nuansa romantic klasik, ranjang kamar empat tiang pilihan tepat untuk kamar tidur pengantin baru.
  3. Ranjang Dipan Panggung
    Bahasa inggrisnya disebut dengan Platform Beds sedangkan dalam istilah kita sering disebut ranjang kabin. Ranjang minimalis ini mempunyai tampilan yang simple, sederhana, bersih dan apa adanya.
    Jual Tempat Tidur Minimalis Panggung Kayu JatiRanjang jenis ini memiliki rangka panggung sederhana dengan bentuk kotak terbuat dari papan kayu sebagai penyangganya.Ranjang panggung tersebut sangat populer dan banyak dipakai saat ini. Sangat cocok untuk anda yang menyukai kamar tidur minimalis modern.
  4. Ranjang Kamar Tidur Laci Tingkat
    Dalam bahasa inggris disebut dengan Trundle Beds. Ranjang trundle bed terdiri dari 2 ranjang bersusun pada atasnya dan bawahnya, dimana ranjang bawah lebih kecil dari ranjang yang atas agar dapat di sorong masuk ke kolom seperti laci.
    Jual Dipan Sorong Minimalis Kayu Jati
    Ranjang sorong ini dibuat untuk menghemat ruang kamar, cocok untuk tempat tidur terbatas tapi memerlukan ranjang yang banyak yang kapanpun dapat di tarik untuk keluar ketika dibutuhkan.
  5. Ranjang Tempat Tidur Bingkai
    Ranjang yang dalam bahasa inggris disebut dengan pannel beds ini biasanya terbuat dari kayu. Hampir serupa dengan ranjang panggung, bedanya ranjang bingkai tersebut mempunyai 4 papan yang membingkai kasur di empat sisinya.
    Jual Dipan Jati Satu Set Minimalis Panel
    Ranjang panel biasanya memiliki tinggi yang lebih dari pada ranjang panggung atau platform beds. Headboard atau sandaran kepala dihiasi dengan hiasan ukiran, kain, dan juga memiliki panel yang membingkai.
    Ranjang bingkai biasanya dilengkapi dengan footboard yang lebih rendah daripada headbordsnya. Ornamen serta ranjang bingkai lebih sederhana dibandingkan dengan ranjang empat tiang atau dipan canopy. Ranjang dengan model panel ini masih cocok dipakai pada kamar tidur saat ini.
  6. Ranjang Kamar Tidur Kereta Luncur
    Ranjang kereta luncur ini disebut juga dengan Sleigh Beds. Mempunyai desain bergaya romawi dan yunani kuno. Ranjang ini diperkanalkan oleh kerjaan perancis di amerika pada abad ke-19.
    Jual Ranjang Kamar Minimalis Jati Moderen

    Mempunyai ciri pada headboards dan footboard berbentuk melengkung  arah alur, sehingga mirip sleigh atau kereta luncur salju. Ciri lainnya biasanya sandaran kepalanya berbahan kulit, bahan rangkanya daru bahan kayu berat. Desain melengkung manis dan melengkung ramping ranjang model ini cukup berani untuk saat ini. Oleh sebab itu, ranjang jenis keteta luncur ini sesuai untuk anda yang berani tampil beda.

  7. Ranjang Kamar Dinding
    Istilah lainnya disebut dengan Wall Beds, artinya bahwa ranjang ini bisa di lipat ke dinding masuk dalam kabinet atau lemarinya.

    Jual Tempat Tidur Dinding Minimalis ModernIstilah lian dari dipan ini adalah ranjang murphy, nama ranjang yang diambil dari William Lawrence Murphy yaitu seseorang yang telah mematenkan ranjang jenis ini.
    Ranjang dinding ini tidak mempunyai pondasi pegas, kasurnya diikat pada ranka kayu, jaring kawat atau besi agar tidak lepas ketika diangkat dan dilipat ke arah dinding.

Tentukan dan Pesan Jenis Kamar Tidur Anda

Dari beberapa jenis ranjang yang kita ketahui diatas memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat tidur. Namun mempunyai keunggulan berbeda-beda dari segi efisiensi tempat, nilai artnya dan kepuasan memilikinya.

Anda bisa memilih jenis dan model yang anda inginkan disesuaikan tempat ruang kamar anda, sehingga tidak terjadi kesalahan ketika mengisi kamar tidur.

Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan jenis furniture kamar tidur yang anda butuhkan. Jepara Indah Furniture adalah partner terbaik dalam pembuatan kamar tidur dari berbagai jenis dan model.

Posted on

8 Cara Mudah Merawat Furniture Dari Kayu Jati

8 Cara Mudah Merawat Furniture Dari Kayu Jati

Tentang Perabot Mebel dan Furniture dari Bahan Kayu Jati

Perabot Mebel yang terbuat dari kayu jati merupakan salah satu furniture khas dari Indonesia yang digemari oleh semua lapisan masyarakat di seluruh dunia, khusunya masyarakat di Indonesia.

Furniture dari kayu jati dengan desain antik ukiran maupun minimalis dan modern telah menjadi keunggulan tersendiri di masing-masing daerah di dunia sesuai desain yang diminati, namun kebanyakan dari orang awam tentang mebel merasa kebingungan dalam merawatnya. Maka dari itu kami memberikan informasi secara detail tentang ” 8 Cara Mudah Merawat Furniture Dari Kayu Jati “.

Apa manfaat mengetahui 8 cara merawat furniture ini ?

Furniture dan mebel mempunyai banyak pillihan desain dan model yang mempunyai pasarnya sendiri-sendiri sesuai minat dari segi umur dan daerah, diantaranya yaitu desain minimalis dengan model simple, retro, Scandinavian dan modern yang banyak diminati oleh pembeli di kalangan umur 35 kebawah selain itu juga banyak di kalangan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bogor, Bandung dan lainnya juga banyak meminati furniture dengan desain dan model minimalis.

Selain desain dan model minimalis, furniture dengan desain antik, klasik dan mewah yang mempunyai model khas ukiran penuh maupun sebagian juga mempunyai pasarnya sendiri. Furniture antik dan klasik sangat di minati oleh sebagian masyarakat kita di kalangan pembeli di umur 35 keatas. Hal tersebut kemungkinan karena dari segi keindahan ukir menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menjadikan mebel semakin elegant.

Furniture dengan desain antik yang penuh dengan model ukiran menjadikan perabot rumah semakin terkesan mewah, hal ini menjadikan daya tarik konsumen di kalangan menengah keatas untuk membelinya meski mempunyai harga yang cukup tinggi untuk kepuasan nilai estetika dan seni dalam interior rumahnya.

Namun, kebanyakan di masyarakat kita masih awam dalam merawat perabotan furniturenya. Mungkin dikarenakan memang resfrensi untuk merawat furniture bahan kayu jati sangat lah sedikit. Oleh sebab itu kita akan memberikan sedikit informasi tentang cara mudah dalam merawat furniture jati agar sedikit demi sedikit masyarakat luas semoga cerdas dalam merawatnya dan menjadikan perabot mebelnya awet hingga jangka panjang.

Berikut 8 tips untuk Merawat Furniture Jati anda tetap awet :

  1. Menjaga Permukaan Perabot Furniture Dengan Baik
    Maksudnya adalah menghindari adanya goresan, menjaga dari noda, merawat warna finishing agar tidak kusam, misalnya dengan selalu mempergunakan taplak pada permukaan atas meja dan kursi, serta sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut bermanfaat untuk meminimalisir kemungkinan yang dapat merusak perabotan mebel anda secara perlahan.
  2. Tempatkan Furniture Di Tempat yang Mempunyai Suhu Normal
    Artinya adalah jangan taruh furniture di tempat yang mempunyai suhu lembab dan usahakan pula agar perabot mebel tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lain secara langsung, karena dapat menjadikan furniture Anda terlihat kusam, lapisan menjadi retak dan melengkung.
  3. Bersihkan Setiap Sudut Furniture Anda Hingga di Sela-Sela Ukiran
    Untuk membersihkannya gunakanlah kuas halus ber-ukuran kecil agar bisa lebih dalam dan detail. Di titik-titik sudut dan ukiran debu dan jamur kayu sering bertempat. Kuas kecil mampu menyapu sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan kain lap pembersih biasa. Sapukan kuas kecil tersebut dengan halus hingga benar-benar bersih dari debu dan jamur.
  4. Bersihkan Permukaan Furniture Mengunakan Wax (Cairan Pelapis Furniture) atau Pledge
    Caranya semprotlah wax atau pledge ke permukaan perabot dan sela-sela furniture jati. Ketika menyemprot gunakan seperlunya, jangan sampai berlebihan karena tidak bagus kalau berlbihan. Cairan Pledge ini bisa anda dapatkan di toko mebel terdekat atau bisa juga di pasar.
  5. Bersihkan Permukaan Mebel dengan Kain Ball
    Permukaan furniture jati yang sudah anda semprot menggunakan pledge maka bersihkan dengan cara mengusap (dilap) menggunakan kain ball, yaitu kain putih yang halus. Setelah itu dibiarkan hingga kering. Kain ball bisa anda beli di toko material terdekat.
  6. Bersihkan Perabot Mebel Jati  Satu Bulan Sekali
    Untuk merawat perabot mebel tersebut bersihkan dengan cara di atas paling tidak satu bulan sekali secara rutin dan teratur. Untuk membersihkan debu yang menempel cukup dengan cara di lap mengunakan kain katun atau kain kaos saja.
  7. Bersihkan Secara Hati-hati Agar Aman
    Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya, cara memindahkan sebuah kursi harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena Anda tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
  8. Memoles Ulang Warna Finishing Mebel Anda
    Cobalah untuk setidaknya 3 hingga 5 tahun sekali untuk memoles ulang warna finishingnya agar membuatnya tetap menawan dan cantik. Anda bisa menggunakan jasa refinishing terdekat di kota anda karena biayanya tidak terlalu mahal dan cepat.

Dengan 8 cara merawat mebel jati sesuai panduan diatas menjadikan furniture anda akan semakin awet dan bisa anda gunakan hingga jangka panjang, bahkan bisa juga hingga di warisi oleh anak dan cucu anda.

Namun selain cara diatas anda harus tahu juga ketika anda membeli perabot mebel dan furniture untuk rumah belilah produk furniture dan mebel yang berkualitas, yaitu kualitas dari kontruksinya dan juga kualitas dari bahan materialnya.

Karena percuma saja jika dari awal anda membeli jika kontruksi tidak bagus dan bahan material seperti kayu jati, bahan lem dan lainnya tidak bagus. Untuk membeli furniture yang berkualitas silahkan pesan di Jepara Indah Furniture yang terjamin kualitas kontruksinya dan bahan kayu jatinya.